Senin, 14 Februari 2011

Mesin Drag Choiii


mesin drag

HI VELOCITY PORTING YAMAHA VIXION – JUPITER MX

* 1 Juni 2009 – 07:56
* Ditulis dalam MESIN DAN BALAP
* Bertanda bore up 165cc, harga, hi-velocity porting, kohar, korek harian, modifikasi mesin, mototune, murah, paket, polished, Porting, rat motorsport, yamaha jupiter mx, yamaha vixion
* Komentar (30)

Hi Velocity Porting
Porting Tambal Hi- Velocity Porting

Alhamdulillah… Datang juga kesempatan bagi kita untuk menambah ilmu. Ketika seorang sahabat merekomendasikan kepada temannya tentang bengel kami, ternyata dia tertarik untuk melakukan port-polished pada mesin motornya. Namun, kali ini tidak seperti porting Graham Bell, atau kebanyakan porting pada umumnya. Desain lubang pemasukan bahan-bakar kali ini diolah menganut paham Motoman tentang hi-velocity porting, karena kebetulan lubang porting motor kawan kita ini mirip dan memungkinkan untuk diaplikasi.

Yamaha Vixion adalah motorsport Injeksi pertama di Indonesia, dan bisa dibilang ini adalah motor paling kereeeennn yang pernah ada :) Konfigurasi empat klep untuk melayani satu silinder dan posisi busi centered adalah desain mesin dengan efisiensi volumetris ideal. Beettzzz.. kita kebet lagi kitab Hi-Velocity Porting ala MotoTune USA, nah to… mirip. Satu lubang porting melayani dua buah klep, Mangstab! Sebenernya dulu pernah kita paksakan dipraktekin pada Jupiter Z, kita sih melakukannya nothing to loose alias coba-coba aja, eh ternyata atas ijin Allah SWT bisa nembus 19 DK padahal portingnya kita persempit, heran juga sih.

PORTING KASAR + TAMBAL ARALDITE
PORTING KASAR + TAMBAL ARALDITE

Ok, kembali ke modifikasi mesin ringan untuk motor Yamaha Vixion kawan kita satu ini. Kita bongkar habis mesin vixion ini, kita pereteli satu-persatu komponennya, radiator dan sistem injeksi kita simpan. Kita buka cylinder headnya… Waladahlah… Kok portingnya masuk berjelaga hitam, wah kompresinya bocor ini, klep inlet sudah tidak optimal dalam menyekat kompresi. Hmmm… Piston juga sudah berkerak seperti satu abad tidak pernah dibongkar ni mesin. Wkwkwkwkwk :)

Porting baru... BLACK PORTING hehehehe
Porting baru… BLACK PORTING hehehehe

Cylinder Head Black Series Hekekekkeke :p
Cylinder Head Black Series Hekekekkeke :p

Baiklah, kita kuras tangki yuk… :) Permisi mas kita minta bensinnya ya buat bersihin mesin.. Gpp kan :p Weh,, ternyata pertamax isine… ra popo tambah resik mengko.. Walah baru diambil sebotol kok tumpes… heheheh. Sorry ya mas, bensin sampean ini termasuk kehilangan di bengkel, begitu juga tarikan lemot, top speed kurang, biarlah jadi kehilangan di bengkel juga, sehingga ketika keluar bengkel motor jadi maknyuss..

RAT MOTORSPORT SPECIALISATION IN CYLINDER HEAD PORTING
RAT MOTORSPORT CYLINDER HEAD PORTING

Kemudian kita lakukan inspeksi menyeluruh, dan melakukan basic ported-polished head. Kita bentuk diameter porting luar dan disamping bushing klep sesuai velocity di 9.000 RPM. Sekat pemisah kita tipiskan seperti kampak. Di tengah area porting kita bentuk ulang sehingga tidak lagi membulat melainkan ouval. Setelah itu finishing kita kasarin dengan grit alias kertas ampelas kasar. Seettt… lhoalah, lem nya yang buat nambal porting mana!? Glodhag.. lupa belum beli ternyata. Cklek nyalain laptop buat ngecek merk lemnya aku lupa. Walahdalah lem epoxy merk JB WELD yang dipakai oleh motoman harganya ratusan ribu bok.. belum lama pengiriman ke Indonesia, halah-halah… Jadi ga cocok ama prinsip kita dong, modifikasi murah meriah kencang :) Akhirnya, timbangane kesuwen kita starter Vespa perjuangan ku tersayang bruuummm… zuuunngg… gas polll…!! Setelah muter-muter akhirnya nemu juga lem epoxy yang lumayan bisa dipakai buat nambal porting, merknya Araldite, meski bukan sponsor tetep kita sebutin merk-nya supaya kalian bisa beli juga kalo mau ketularan gila coba-coba bikin hi-velocity porting :)

Kembali ke masa kanak-kanak
Kembali ke masa kanak-kanak

Kita komposisikan araldite sebagai penambal ruang porting dengan perbandingan epoxy 1 : 1 terhadap resin. Sebelumnya area seating klep kita lindungi dengan Malam, mainan anak-anak jaman TK itu lo… mosok ga ngerti rek. Kita ketawa melihat tingkah kita sendiri, Ya Allah, dulu waktu kecil pengennya cepet dewasa, sekarang udah tua malah mainan malam kayak anak-anak… Katrok katrok.. Wkwkwkw…

Proses selanjutnya lalu kita tuangkan epoxy ke dalam area porting. Surrr… Surr… Surr… Kita ratakan. Bentuk yang tebal sekalian guys, kan nanti masih diporting lagi. Karena menurut motoman ideal tinggi tambalan adalah 25 – 30 % dari tinggi porting sebelum bos klep. Ribet ya prosesnya.. Heehehe… gpp asyik aja. Akhirnya kita nyalakan dulu sebatang rokok, 2 batang, 3 batang… kok lem nya belum kering-kering?! Halah… Ditinggal tidur aja dulu besok baru diporting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar